Jumat, 12 Agustus 2011

Konsep Dasar Keorganisasian 1


Oleh:

SABUR MS, S.H.I.


A.   Pengertian Organisasi

Ada beberapa pengertian tentang organisasi diantaranya:
1.    Organisasi ada yang bersifat pasif (sebagai wadah, badan, organ, kumpulan, alat), dan ada yang bersifat aktif (sebagai proses  atau gerak langkah wadah/organ tersebut). Dengan demikian organisasi adalah kelompok kerjasama  antara orang atau badan hukum yang diadakan untuk mencapai suatu tujuan bersama.
2.    Penyusunan dan pengaturan bagian-bagian hingga menjadi satu kesatuan, golongan, kerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
3.    Koordinasi sejumlah kegiatan manusia yang merencanakan untuk mencapai suatu maksud dan tujuan bersama melalui pembagian tugas dan fungsi serta melalui serangkaian wewenang dan tanggungjawab.
4.    Kesatuan yang memungkinkan  masyarakat mencapai suatu tujuan yang tidak dapat dicapai melalui tindakan individu.
Substansi dari beberapa definisi tersebut diatas adalah organisasi terkait dengan: Pertama, prilaku yang terarah pada tujuan, kedua, prilaku manusia (individu/kelompok), ketiga, adanya peran-peran yang saling terkait sebagai satu sistem sosial, dan keempat, koordinasi, tujuan bersama, dan pembagian job discription.

B.   Prilaku dalam Organisasi

1.    Individu:
-karakteristik individu
-motivasi individu
-imbalan yang diperoleh
-strees (keseimbangan)
2.    kelompok dan pengaruh antar pribadi
-perilaku kelompok
-perilaku dan konflik antar kelompok
-kekuasaan dan politik
-kepemimpinan

C.   Proses Organisasi

Adalah prilaku tertentu yang memberi sumbangan pada prestasi organosasi yang efektif yaitu:
-proses komunikasi
-proses pengam,bilan keputusan
-proses evaluasi prestasi
-proses sosialisasi dan karier

D.   Struktur Organisasi

Adalah desain (bentuk) “formal” dari kegiatan dan hubungan diantara berbagai sub. Unit/bagian, sekurang-kurangnya meliputi desain organisasi dan desain pekerjaan.
1.    Desain Pekerjaan
-pembagian kerja
-penetapan tugas
-kesatuan komando
-kesatuan arah
-pengendalian yang jelas dan terbatas
-imbangan dalam tugas dan tanggungjawab
Unsur-Unsur Organisasi
1.   Ada tujuan
2.    Ada kerjaan
3.    Ada aktifitas
4.    Ada dua orang atau lebih

E.    Efektifitas Organisasi

1.    Produktifitas
2.    Efesiensi
3.    Kepuasan
4.    Keadaptasian
5.    Pengembangan

F.    Hubungan Organisasi

Dari segi bentuknya dibagi menjadi dua yaitu:
1.    Organisasi massa seperti NU, Muhammadiyah, ISKAB, PMII, GmnI dll.
2.    Organisasi profesi seperti APSI, PGRI, dll
Dari segi tujuannya dibagi menjadi dua yaitu:
1.            Organisasi Profit (Komersial) seperti: PT, CV, dll
2.            Organisasi non profit seperti Yayasan, Organisasi sosial, amal dll
Apapun bentuk dan ruang lingkupnya, sekala kecil maupun besar, swasta maupun negara, kesemuanya pasti mempunyai:
1.            Aturan-aturan  yang ditaati
2.            Program kerja untuk mencapai tujuan
3.            Struktur organisasi { sesuai dengan kebutuhan }
4.            Pola kerangka kerja
5.    Manusia/personal, baik sebagai pemimpin maupun anak buah/anggota/rakyat.
Kehidupan organisasi merupakan kehidupan bersama, maka semua kepengurusan mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk saling memberi sport baik berbentuk kritik (yang bersifat konstruktif) saran dan lainnya.









Penulis adalah: Aktifis IPNU, dan aktif diberbagai organisasi yang berkecipung dibidang hukum, dan kini sebagai Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Hukum Unisma Malang


1 . Makalah ini disampaikan pada hari Jum’at 22 September 2006 dalam acara “MAKESTA dan Pondok Ramadhan” diselenggarakan oleh PAC IPPNU Gondanglegi Malang

Tidak ada komentar: